Berita Kegiatan Kampus

#

Dr. H. M. Ali Tutup Usia, Keluarga Besar Unisa Gelar Doa Bersama Virtual

UNISA, - Berita duka yang datang dari salah satu sesepuh dan dosen senior Universitas Islam Al-Ihya Kuningan hari Sabtu (10/7) masih membekas di hati keluarga besar Unisa Kuningan. Tepat bada Magrib kemarin, Direktur Pascasarjana Unisa Kuningan Dr. H. M. Ali Rahmat, MA telah berpulang ke rahmatullah. Pria yang dikenal ramah serta senang dalam berbagi tersebut wafat di usia ke- 64 tahun.

Atas kepulangnya tersebut, keluarga besar Unisa Kuningan hari ini, Minggu tanggal 11 Juli 2021 menggelar doa bersama secara daring. Giat yang dimulai sejak pukul 19.45 WIB tersebut dihadiri langsung oleh Rektor Unisa Nurul Iman Hima Amrullah, S.Ag., M.Si, Warek I Aep Saepudin, M.Pd.I, Kaprodi Pascasarjana PAI Unisa Dr. H. Iman Subasman, M.Si, jajaran dekanat, program studi, unit kerja, lembaga, mahasiswa, dan para alumni Unisa Kuningan.

Giat yang dipandu oleh Kabag Humas dan Kerjasama Sopandi, M.Pd tersebut mula-mula dibuka dengan kilas balik tentang almarhum oleh Dr. H. Iman Subasman. Ia menyampaikan bahwa Dr. H. Ali merupakan sosok yang periang, inspiratif, dan motivator bagi para dosen serta mahasiswa. H. Ali tidak sungkan untuk berbagi pengetahuan dan menyemangati peserta didik dalam mengampu pendidikan.

Selanjutnya, kegiatan diisi oleh sambutan Rektor Unisa Nurul Iman. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa lebih kurang dua minggu yang lalu masih sempat bertemu dengan almarhum di Kampus Unisa I Jalan Mayasih No. 11 Cigugur Kuningan. “Sosoknya yang telah berusia lanjut, tidak serta-merta menyurutkan semangatnya dalam mengabdi kepada dunia pendidikan. Dua pekan kemarin saya masih berjumpa di kampus,” terang Nurul Iman.

Menurutnya, almarhum merupakan sosok yang patut diteladani sebab semangat dan daya juangnya dalam semua hal khususnya pendidikan tidak pernah surut bahkan cenderung kian besar dari waktu ke waktu. “Beberapa hari sebelumnya, saya mendapat kabar bahwa beliau tengah dalam kondisi kurang baik. Namun dengan kedatangan beliau dua pekan lalu merupakan salah satu bukti bahwa di usianya yang lanjut tidak menyurutkan semangatnya dalam dunia pendidikan dan rasa cinta kepada lembaga Unisa Kuningan,” ujarnya.

Di dalam forum virtual, Iman pun mengajak seluruh peserta dan khalayak yang menyimak untuk tidak lengah dalam mempersiapkan diri kembali ke pangkuan Allah SWT. “Kematian tidak ada yang mengetahui kecuali Allah SWT. Usia, tua-muda, sehat-sakit, laki-laki-perempuan, tinggi-rendahnya jabatan, dan aspek-aspek lainnya tidak ada beda dalam menghadapi kematian. Jika Allah SWT telah menghendaki, maka terjadilah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Iman menyampaikan bahwa setiap kita mesti senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan tetap menjalan ibadah dan bertawakal hanya kepada-Nya serta tetap berbuat kebajikan moral dan sosial, bersedekah, dan menjauhi semua larangan-Nya, sebab setiap manusia tidak ada yang mengetahui kapan akan dipanggil oleh Allah SWT. Sebagaimana disampaikan dalam firman Allah SWT dalam QS. An-Nisa ayat ke 78, “Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.”

Pada akhir sambutannya, Nurul Iman menyampaikan doa kepada almarhum semoga Dr. H. M. Ali Rahmat husnul khotimah, dilapangkan kuburnya, dimaafkan segala khilafnya, serta diberikan tempat terbaik disisiNya. Ia pun mendoakan semoga keluarga besar Unisa Kuningan dan seluruh masyarakat di mana pun berada yang tengah dalam keadaan kurang sehat segera dipulihkan. “Mari kita menjaga kesehatan lahir batin dan semoga kita semua senantiasa ada dalam lindungan Allah SWT, aamiin ya rabbal alamin,” pungkasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipandu oleh Dekan Fakultas Ilmu Keislaman Unisa Kuningan Iim Suryahim, M.Pd.I yang diikuti oleh seluruh keluarga besar Universitas Islam Al-Ihya Kuningan baik dari jajaran rektorat, pejabat struktural, dekanat, program studi, unit kerja, lembaga, mahasiswa dan para alumni Unisa Kuningan.***(HUMAS)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #